SangHyang Tikoro – Fakta Gua Misterius Bandung - SEJARAH, CERITA, LEGENDA & MITOS

Tuesday 2 January 2018

SangHyang Tikoro – Fakta Gua Misterius Bandung


Sanghyang Tikoro – Tahukah anda bahwa Kawasan wilayah Bandung dulunya adalah sebuah wilayah bekas sebuah Danau yang sangat terkenal dengan sebutan Danau Bandung Purba ? dan tahukah anda menghilangnya air danau tersebut sekaligus cikal bakal terbentuknya kawasan wilayah Bandung raya ternyata hilang di sebuah tempat yang paling misterius di dunia yang bernama Sanghyang Tikoro ?! Dan tahukah anda dari Sanghyang Tikorolah diyakini muncul sebuah peradaban yang sangat populer dan terkenal,yakni tempat hidup warga atau suku sunda di Bandung ?
Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang menurut penulis adalah sebuah lokasi wisata di Bandung yang paling kontroversial dan paling misterius !! lokasi wisata berupa Gua di dalam kawasan hutan yang masih perawan sehingga sulit dilewati,tersembunyi dari hingar bingar keramaian kota bandung sehingga sunyi dari aktifitas wisata dan yang paling bikin penasaran dan bergidik bulu kuduk adalah,objek wisata alam di bandung yang terkenal angker dan sangat tertutup,sehingga tak salah apabila hanya sebagaian kecil warga Bandung bahkan wisatawan yang berani masuk ke kawasan Gua Sanghyang Tikoro ini.
Nah,bagi anda yang memerlukan informasi tentang Sanghyang Tikoro Bandung baik Gua Sanghyang Tikoro,sejarah,legenda,misteri,kisah, cerita hingga mitos Sanghyang Tikoro,beserta alamat sanghyang tikoro atau lokasi sanghyang tikoro kemudian info menarik lainnya tentang salah satu wisata alam di Bandung yang cenderung tertutup ini,silahkan anda buka halaman-halaman di bawah ini satu persatu.
Baiklah kita mulai asal kata Sanghyang Tikoro dan sejarahnya seperti apa dengan membuka halaman-halaman di bawah ini…!!
Sanghyang Tikoro
Asal kata Sanghyang atu sangiang ( Bahasa sunda ) bisa diartikan sesuatu yang dianggap suci,seperti dalam kata sanghyang widi berarti maha pencipta/dewa,sementara tikoro bisa diartikan dalam bahasa indonesia adalah tenggorokan,jadi apabila ditanya apa makna Sanghyang tikoro,maka jawaban paling mudah dicerna adalah dewa tenggorokan atau tenggorokan penguasa yang sangat disucikan keberadaanya.
Membicarakan tentang sejarah terbentuknya wilayah Bandung, sepertinya belum lengkap alias afdol apabila kita tahu sejarah atau hal ikhwal tentang Guayang ada di Sanghyang Tikoro. Gua bawah tanah yang dialiri oleh salah satu Sungai yang membelah wilayah Bandung yakni sungai Citarum ini sangatlah membuat kita penasaran dan terpancing untuk mengetahuinya,karena memang fakta hingga detik sekarang,apabila kita mencoba mengungkap sanghyang tikoro ini selalu dihinggapi rasa yang aneh dan takut untuk mengungkap fakta yang sebenarnya,apa yang telah terjadi di saat bandung zaman dahulu/purba dan juga misteri apa yang ada di dalamnya.
Jujur penulis juga pernah merasakannya,meskipun penulis pernah tinggal 20 tahun di daerah Soreang Bandung,namun tak pernah ada satu pun teman atau rekan kerja penulis yang warga bandung asli,mencoba mengajak bahkan mengenalkan sejarah dari Sanghyang tikoro ini sedikitpun.Hanya satu hal yang bisa ditangkap dari sekian obrolan dan cara pandang mereka warga pribumi bandung adalah,tempat wisata alam di Bandung yang sesungguhnya menyimpan potensi yang sangat luar biasa ini yakni,sangat menyeramkan karena penuh dengan hal mistis dan sangat tertutup informasinya untuk umum.Yang pasti mereka sangat tahu,bahwa tempat itu adalah cikal bakal kota Bandung berada,dan konon katanya dari situ pulalah kota bandung akan hilang kembali..?!!
Nah berbekal rasa penasaran serta tuntutan penulis yang merupakan admin dari blog Tempat Wisata di Bandung ini,yang punya tugas memberikan setiap informasi penting tentang tempat-tempat terbaik dan indah di Bandung untuk anda atau yang memerlukan informasi,maka seperti memaksa penulis untuk mengumpulkan sejumlah informasi tentng latar belakang sejarah dari sanghyang tikoro ini,dan berikut adalah petikan informasi yang berhasil penulis dapatkan,semoga bisa menambah wawasan anda tentang objek wisata di Bandung barat ini lebih dalam sekaligus bisa membuka wawasan bahwa sanghyang tikoro tidaklah angker dan kita bisa datang ke sana dengan tujuan wisata yang bisa membuat kita nyaman tanpa ada kekhawatiran atau rasa takut berlebih lagi.
Sejarah Gua Sanghyang Tikoro
Sejarah Bandung Purba mencatat,Sekitar 20-30 juta tahun yang lalu wilayah yang terletak di antara kecamatan Rajamandala dengan kecamatan Cipatat, Bandung Barat bersebelahan dengan PLTA Saguling sekitar 17km dari pusat bendungan dan ada diwilayah turbin terakhir ini adalah wilayah perairan danau Bandung dengan terumbu karang indah dengan kedalaman sekitar 10 hingga 20 meter. Fakta sejarah menyebutkan bahwa Terbentuknya gua bawah tanah ini membuktikan bagaimana luar biasa hebatnya proses erosi dari aliran Citarum yang deras sehingga mampu melubangi batuan kapur yang ada di wilayah ini.
Seperti diungkap fakta yang menyebutkan bahwa Aliran Citarum itu ternyata memiliki 2 cabang. Satu cabang mengalir ke arah kiri, seperti sungai terbuka biasa, yang satu lagi ke arah kanan, dimana airnya menghilang ditelan gua batu kapur Pasir Sangiangtikoro, menjadi terowongan/sungai bawah tanah. Batuan kapur di Sangiangtikoro disebut batu gamping, batu kapur, atau batu karang. Batuan kapur memiliki banyak rekahan yang memudahkan air menyelinap mengisi retak-retak setipis selaput buah salak sekali pun.Batu kapur itu sendiri merupakan hasil kegiatan organik, kehidupan laut, seperti hewan dan tumbuhan laut. hampir mirip halnya dengan peristiwa sejarah sekitar 23 juta tahun yang lalu, yang mana Pulau Jawa belum seluruhnya muncul di permukaan laut. Binatang koral mengendap di laut dangkal yang jernih antara Tagogapu Rajamandala – Palabuanratu.Batu kapur yang bahan proses terbentuknya adalah terdiri dari kalsium karbonat (CaCO3). Batuan kapur ini dapat larut dalam air yang menghasilkan gas karbon dioksida (CO2) yang berasal dari atmosfer, yang pada umumnya terdapat di semua perairan permukaan. Sungai bawah tanah Sangiangtikoro adalah hasil proses pelarutan sehingga dipercaya sebagai tempat bobolnya Danau Bandung Purba dan sering disebut Sanghyang Tikoro Rajamandala
sanghyang tikoro
sanghyang tikoro
Gua Sanghyang tikoro yang diyakini memiliki panjang kedalaman di bawah tanah hingga lebih dari 800 meter ini juga,telah diyakini oleh seorang ahli geologi berkebangsaan belanda van Bemmelen sebagai tempat bobolnya Danau Bandung Purba.Menurutnya,ada
kesamaan atau hubungan urutan sejarah,antara kejadian munculnya gunung tangkuban perahu dengan legenda cerita rakyat Sangkuriangnya dengan proses geologi di wilayah Bandung.Lantas pendapat Van bemmelen pun diamini oleh hampir semua ahli geologi indonesia seperti J.A. Katili, sehingga semua guru lulusan B-1 Ilmu Bumi yang memakai buku Geologi Indonesia memercayai pula bahwa Danau Bandung Purba bobol di tempat wisata bandung yang menarik dan penuh misteri ini yakni Sanghang tikoro.
Menurut sumber di wikipedia kisah atau cerita rakyat Legenda Sangkuriang sangat mirip alias sesuai dengan fakta geologi terciptanya Danau di Bandung dan Gunung Tangkuban Parahu.Penelitian geologis mutakhir menunjukkan bahwa sisa-sisa danau purba sudah berumur 125 ribu tahun. Danau tersebut mengering 16.000 tahun yang lalu.Telah terjadi dua letusan Gunung Sunda purba dengan tipe letusan Plinian masing-masing 105.000 dan 55.000-50.000 tahun yang lalu. Letusan plinian kedua telah meruntuhkan kaldera Gunung Sunda purba sehingga menciptakan Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang (disebut juga Gunung Sunda), dan Gunung Bukittunggul.melihat fakta tersebut Adalah sangat mungkin bahwa orang Sunda purba memang telah menempati dataran tinggi Bandung dan menyaksikan letusan Plinian kedua yang menyapu pemukiman sebelah barat CiTarum (utara dan barat laut Bandung) selama periode letusan pada 55.000-50.000 tahun yang lalu saat Gunung Tangkuban Parahu tercipta dari sisa-sisa Gunung Sunda purba.
Nah,demikianlah sepenggal kisah atau sejarah dari tempat wisata di Bandung barat Gua Sanghyang Tikoro,untuk halaman selanjutnya penulis akan memberikan info wisata bandung yang terkenal angker menurut warga bandung dan sekitarnya kepada anda,silahkan buka kembali halaman-halaman di bawah ini, dan kita mulai dengan Misteri Gua Sanghyang Tikoro terlebih dahulu.
Mitos Sanghyang Tikoro
Diantara fakta ilmiah atau keilmuan yang sangat begitu kuat penulis paparkan di atas,ternyata salah satu wisata alam bandung ini memliki banyak mitos dan juga misteri yang layak untuk anda ketahui juga.Ternyata selain nilai sejarah sanghyang tikoro yang begitu luar biasa dan tak ternilai,didapati juga fakta yang sungguh akan membuat anda terpelanga alias aneh dan seram,kalau enggak dibilang berbau mistis,gak percaya ? coba lihat fakta mitos dan juga misteri sanghyang tikoro Bandung.
sanghyang tikoro
sanghyang tikoro
Kemanakah aliran air setelah masuk Gua Sanghyang Tikoro ?! Ketika anda datang ke lokasi sungai bawah tanah yang ada di Gua Sanghyang Tikoro. Disini anda akan dipaksa untuk berpikir dan merenung kemanakah aliran air yang masuk ke Gua sanghyang tikoro ini akan keluar atau ke arah mana ? yang jelas misteri sanghyang tikoro yang satu ini,hingga detik ini tidak ada yang pernah berani menjawab atau menerangkan secara ilmiah pun.!! tak ada yang tau pasti, aliran air sungai yang masuk ke  “Gua Misteri†ini keluarnya dari dan ke mana.
Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar dan juga yang pernah berkunjung ke Gua Sanghyang Tikoro adalah,apabila anda  memasukan suatu barang apapun  kedalam aliran sungai yang masuk ke gua sanghyang tikoro, maka konon katanya beberapa saat kemudian,anda bakal mendengar suara jeritan yang berasal dari dalam gua sanghyang tikoro tersebut.
Selain memiliki sejarah dan keindahan alam di sekitarnya yang masih perawan karena belum terjamah oleh pendiuduk apalagi wisatawan, maka seringkali tempat wisata alam di bandung ini dijadikan sebagai tempat ritual yang startegis dan populer bagi orang-orang tertentu seperti tapa alias semedi,terutama bagian atas atau pinggir Gua sanghyang tikoro.
Believe it’s or not ? silahkan anda mencari jawaban untuk pembuktian hal tersebut dengan mendatangi langsung sanghyang tikoro yang ada di bandung ini..!! nah sebagai panduannya,silahkan ikuti petunjuk di halaman bawah ini :
Peta lokasi Sanghyang tikoro
Seperti yang sudah penulis sebutkan di atas,keterasingan serta kesunyian yang melingkupi wilayah wisata di bandung barat ini masih perawan,Belum banyak pengunjung atau pelancong baik warga bandung asli sendiri apalagi wisatawan luar daerah yang sengaja khusus dateng kesini karna berbagai alasan. Selain belum tersedianya sarana informasi seperti petunjuk khusus untuk bisa sampai ke tempat ini,juga belum terkelolanya dengan baik sehingga akses menuju lokasi ini dirasa masih jauh dari layak untuk sebagai lokasi wisata yang baik.Tapi apabila anda mencoba untuk memaksa masuk ke salah satu “wilayah terlarang” di bandung ini,maka sebagai patokan adalah setelah belok ke pintu gerbang waduk saguling dari jalan raya Bandung-Cianjur sekitar satu kilometer.Setelah berjalan sebentart anda akan menemukan papan bertuliskanpower house. Dari sana anda tinggal ikuti arah kanan dan akan menemukan bangunan besar pembangkit listrik yang Power House tadi. Sanghyang tikoro tepat berada disebelah Power House.
Nah demikianlah info wisata di bandung yang wajib anda kunjungi sekaligus membuktikan mitos sanghyang tikoro yang selama ini melingkupi tempat tersebut,jadi tunggu apa lagi,silahkan datang langsung ke Sanghyang Tikoro.

3 comments:

  1. Panduan Bermain Slot Beez Kneez Online Ayo Gabung Disini, Penuh Dengan Kejutan Bonus Berlimpah!!!

    ReplyDelete
  2. Gabung Bersama kami di Betpulsa,net
    Situs Paling Terpercaya Betpulsa
    Menangkan Bonus Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    Jaminan Kemenangan Bergaransi

    Games Yang Tersedia Antara Lain :
    * SPORTSBOOK
    * POKER
    * LIVE CASINO
    * IDN LIVE
    * BLACK JACK
    * SLOT ONLINE
    * SABUNG AYAM S128

    Promo di Betpulsa :
    * Min Depo 25 K
    * Min WD - 50 K
    * Bonus New Member 15%
    * Next Deposit 10%
    * Bonus Harian 5%
    Dan Masih Banyak Bonus Lainnya
    * Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Rate 100%
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Proses Deposit & Withdraw Tercepat
    * Livechat 24 Jam Online
    * Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi CS Kami

    ## Contact_us ##
    WHATSAPP : 0822 7636 3934

    ReplyDelete