Babad Brebes - SEJARAH, CERITA, LEGENDA & MITOS

Thursday 4 January 2018

Babad Brebes


Ada beberapa pendapat asal muasal nama Brebes. Yang pertama mencoba menghubungkannya dengan keadaan alamiah daerah Brebes yang pada awal mulanya konon mempunyai banyak air dan sering tergenang air, bahkan ada kemungkinan masih berupa rawa-rawa. Mengingat banyak air yang merembes, munculah kemudian nama Brebes, yang selanjutnya mengalami "verbastering" (perubahan) menjadi Brebes.
Pendapat kedua mencoba menalikannya dengan peri masuknya agama Islam pada awal mulanya ke Brebes, yang sekalipun dihalang-halangi namun ternyata masih juga merembes, yang dalam bahasa daerah disebut disebut "berbes". Oleh karenanya muncullah kemudian nama Berbes, yang selanjutnya berubah menjadi Brebes.
Pendapat yang ketiga mencoba menerangkan asal muasal nama Brebes dari kata-kata "bara" dan "basah".
"Bara" berarti hamparan tanah datar yang luas, sedang "basah" berarti banyak mengandung air. Kedua-duanya cocok dengan keadaan daerah Brebes, yang kecuali merupakan air. Kedua-duanya cocok dengan keadaan daerah Brebes yang kacuali merupakan dataran luas, juga mengandung banyak air, karena perkataan "bara" diucapkan "bere", sedang "basah" diucapkan "beseh", pada akhirnya lahirlah perkataan "Bere basah", yang untuk mudahnya kemudian telah berubah menjadi Brebes.
Ada pula terdapat ceritera yang berkaitan dengan kata yang akhirnya menjadi kota Brebes yaitu:
Diantaranya Salem-Bantarkawung terdapat gunung bernama "Baribis" dari gunung Baribis tersebut mengalir sungai "Baribis" yang mengalir melalui dataran bagian utara bermuara di laut Jawa dan setelah bergabung dengan aliran sungai-sungai yang alin merupakan sungai besar dipantai utara Jawa. Sungai Baribis ini, pada jaman dulu dianggap sebagai sungai yang bertuah = angker (Jawa) dan konon sungai tersebut juga banyak buayanya. Orang-orang tua pada saat itu banyak yang melarang anak cucunya untuk datang, menyeberangi, mandi dan sebagainya disungai tersebut. Terlebih dalam saat berperang orang tua selalu memberikan peringatan-peringatan yang melarang melangkahi/menyeberangi sungai tersebut. Untuk meyakinkan hal ini, mka terungkaplah sebuah legenda tentang perang Arya Bangah dengan Ciyung Wanara. Akibat menyeberangi sungai Baribis tersebut, Arya Bangah mengalami kekalahan.
Dari kepercayaan akan hal tersebut maka sungai Baribis itu dijadikan peringatan = pepenget = pepeling = pepali = larangan agar jangan sampai pada saat berperang melangkahi = menyeberangi sungai tersebut.
Karena sungai Baribis menjadi larangan dari kaum tua, maka sungai Baribis dikenal sebagai larangan, atau sungai pepali atau pemali, yang berarti pepalan atau larangan.
Jadi dahulu menurut tutur beberapa orang tua di daerah Brebes selatan sungai Pemali itu semula bernama sungai Baribis yang bermata air dari gunung Baribis. Kemungkinan itu sebabnya, daerah ini disebut daerah Baribis, yaitu daerah aliran sungai Baribis dan dari kata Baribis ini menjadi Brebes.
Kalau kita perhatikan dengan seksama, nama-nama tempat si pulau Jawa ternyata merupakancermin dari keadaan alam disekitar masyarakat yang mendiami tempat-tempat itu dan cara berpikir mereka.
Nama-nama itu bisa kita bedakan dalam dua golongan besar. Yang pertama, yang secara spontan telah lahir dari masyarakat di kota-kota itu sendiri, sedang yang kedua, yang dengan sengaja telah diberikan atau diperintahkan oleh suatu penguasa untuk dipakai, misalnya nama Surakarta Adiningrat, yang mula-mula telah dipergunakan oleh Sultan Pakubuwana II pada tahun 1745 untuk menyebut nama-nama tempat yang:
1. Berasal dari nama-nama tanaman,
2. Berasal dari nama-nama binatang,
3. Berasal dari nama-nama benda tambang,
4. Berasal dari nama-nama orang,
5. Mengingatkan kita pada suatu keistimewaan topografis.
Nama kota Brebes termasuk dalam katagori yang kelima. Dalam bahasa Jawa perkataan Brebes atau Mrebes berarti "tansah metu banyune" artinya "selalu keluar airnya" dan nama ini telah lahir, mengingat pada awal mula sejarahnya, keadaan lahan di kawasan kota Brebes sekarang ini memang selalu keluar airnya. Adapun kota-kota lain yang juga memiliki nama-nama semacam itu, artinya yang telah lahir berdasarkan keadaan tanahnya pada awal mula sejarahnya, bisa kita sebutkan antara lain nama-nama kota Blora di daerah Jawa Tengah dan Jember di Jawa Timur. Nama Blora telah muncul oleh keadaan tanah di kawasan kota itu pada mula sejarahnya memang masih berupa rawa-rawa, sesuai dengan arti perkataan Blora atau Balora, yang merupakan sebuah perkataan bahasa Jawa kuna yang berarti rawa, sedang nama kota Jember telah lahir, mengingat pada awal mula sejarahnya keadaan tanah di kawasan kota memang benar-benar jember atau njember, sebuah perkataan dalam bahasa Jawa berarti reged ajenes, artinya kotor dan mengandung air.
Dari sumber yang dapat diketemukan, pada tahun 1640 / 1641, nama Brebes itu sudah mulai tercantum di dalam penulisan / laporan / daftar harian yang dibuat oleh VOC. Makin kesini makin banyak uraiannya, meskipun hanya dalam hal sebagai tujuan atau persinggahan pengiriman barang-barang penting dan bahan pokok, misalnya alat-alat untuk kompeni (VOC), bahan pakaian, bahan makanan dan sebagainya.
Nama Brebes itu sendiri pernah ditulis: Barbas, Barbos atau Brebes. Dari nama dan bagaimanapun juga asal muasalnya atau apapun juga makna nama Brebes itu, kiranya bukanlah masalah bagi penduduk Brebes masa kini. Yang penting adalah mengambil hikmah dari dalamnya. Suatu kenyataan Wilayah Kabupaten brebes dianalisa dari segi lahan/tanah, curah hujan serta iklimnya, mempunyai prospek/masa depan yang cerah. Segala faktor penghambatannya Insya Allah akan dapat diatasi oleh generasi penerusnya.
NASKAH PUTUSAN SEMINAR
TANGGAL 1 NOPEMBER 1984 PERUMUSAN
Seminar penyusunan Sejarah dan Hari jadi Kabupaten Brebes pada hari Kamis tanggal 1 Nopember 1984 di Gedung DPRD Kabupaten Brebes, yang dihadiri oleh :
MEMUTUSKAN
Menetapkan Hari Jadi Kabupaten Brebes : Hari Senin Kliwon tanggal 18 Januari 1678.
Mitos Angker Kali Pemali Brebes
Siapa nyana, dibalik tenangnya arus sungai Pemali yang membelah kota bawang ternyata menyimpan kisah misteri yang menjadi mitos di kalangan masyarakat. Konon, setiap tahun, mahluk halus penunggu sungai tersebut salalu meminta tumbal sebagaimana kepercayaan masyarakat sekitar.
Kepercayaan dogmatis teologis, hidup dan mati sudah digariskan oleh Tuhan, sang penguasa alam. Maut akan mendatangi setiap yang bernyawa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Tuhan. Tak ada satu mahlukpun yang bisa menahan, apalagi menolaknya. Tidak pula maut itu bisa dipercepat atas kehendak manusia. Hakikatnya, mati tidak bisa diakhirkan atau didahulukan..(Laa yastakhiruun walaa tastaqdimuun. Demikian bunyi sebuah wahyu.
Tapi, bentuk kematian yang datang secara tiba-tiba, disertai dengan serentetan peristiwa kadang kurang bisa diterima banyak kalangan. Seperti halnya meninggal dengan cara tenggelam di sungai Pemali Brebes. Korban ini ada yang mengaitkan dengan mitos mistis. Apalagi, kerap terjadi insiden serupa. Mahluk halus yang disebut-sebut sebagai penghuni sungai Pemali, Lembudana-Lembudini, Buaya Putih dan sebangsanya sudah terlanjur menjadi mitos turun temurun. Warga yang kebetulan meninggal tenggelam di sungai-sungai tersebut, oleh sebagian kalangan dikait-kaitkan dengan keberadaan mahluk imaginer tersebut.
Sebagian warga Desa Dumeling Kecamatan Wanasari yang berada dibantara sungai Pemali, misalnya, sebelum ada kejadian korban tenggelam akan ada isyarat-isyarat mistis tertentu. "Biasanya, warga percaya dan tahu akan ada korban di sungai Pemali. Ada isyarat mistis dari sang penunggu, warga disini menyebut penunggunya Lembudana-Lembudini, yang dipercaya sebagai sepasang mahluk halus di sungai Pemali Dumeling. Sebelum ada kejadian biasanya ada riak-riak air yang aneh, atau penampakan buaya putih. Entah ini menjadi mitos warga sekitar," tutur Zaki Saefrudin (30), warga Dumeling.
Menurut kepercayaan sebagian warga, kata Zaki, Lembudana-Lembudini digambarkan sebagai mahluk halus berwujud ular yang berkepala kerbau. Dia mendiami aliran Pemali Desa Dumeling hingga Desa Kertabesuki, Wanasari. "Selain ada Lembudana-Lembudini, konon di sepanjang Pemali dari Pengempon Brebes juga ada mahluk buaya putih. Kalau kalau yang di Matras (tempat tenggelamnya 3 bocah-red) disebut-sebut sebagai pasar gaib tempat transaksi dan kumpulnya para jin dan mahluk halus lainnya," katanya menggambar mitos yang berkembang.
Dia melanjutkan, setiap tahunnya, penunggu sungai Pemali juga diyakini warga meminta korban jiwa sebagai tumbal. Tapi, korban tersebut, bisanya bukan warga pribumi atau penduduk lokal, melainkan warga dari luar desa. "Percaya atau tidak yang meninggal tenggelam itu orang luar desa. Belum ada sejarahnya warga Dumeling yang berada di sebelah timur jalan menjadi korban. Konon, dahulu leluhur Dumeling berkelahi dan berhasil mengalahkan penunggu sungai. Mereka kemudian membuat kesepakatan untuk tidak mengambil korban warga lokal," tutur Zaki.
Begitu juga dengan insiden tenggelamnya 3 bocah tersebut, lanjut dia, menjadikan mitos masyarakat semakin menguat. Sebab, kebetulan yang meninggal itu bukan warga setempat. Selain itu, beberapa hari sebelumnya warga juga membicarakan isu akan ada 3 korban setelah Lebaran. "Mitos itu terjadi dan susah dicerna akal. kalau melihat kondisi sungai sebetulnya hanya selutut saja karena sedang musim kemarau. Anak saya saja yang kecil biasa bermain di situ tidak apa-apa. Tapi, nyatanya 3 anak malah tenggelam, menurut yang mengevakuasi karena terperosok, ada lubang gaib sedalam 7 meter. Wallahu a'lam sajalah saya," cetus dia.
KOSMOLOGI ALAM
Anggapan sungai memiliki sisi mistis yang dikeramatkan, ternyata tidak hanya berlaku bagi sungai Pemali Brebes. Nyaris semua sungai di nusantara, khususnya di pulau Jawa, menyimpan mitos angker yang melingkupinya. Sistem kepercayaan sebagian masyarakat ini, suadh berlangsung sejak ratusan silam.
Budayawan pantura yang juga penikmat sejarah, Wijanarto SPd menyebut mitos-mitos mistis yang berkembang di masyarakat Jawa sebagai ekspresi budaya yang lumrah sebagai bagian dari kosmologi alam. "Selain gunung dan laut, sungai juga menjadi sumber mitologi kuat bagi kalangan masyarakat, khususnya di Jawa. Bahkan ada ritua-ritual rutin sejenis sesembahan bagi sungai. Termasuk juga anggapan angker sungai Pemali Brebes," tuturnya, kemarin.
Sungai, kata Wijanarto, memilki kaitan sejarah yang kuat dengan budaya masyarakat nusantara jaman dahulu. Bahkan, setiap kerajaan besar selalu menjadikan sungai sebagai tumpuan utama ekspansi peradaban. Proses itu, kemudian berperan serta dalam membentuk hydrology culture (budaya hidrologi). "Sedang sungai Pemali, berasal pelacakan sejarah sementara berasal dari kata cai (air) Pamali (kasar, larangan-red) sebagaimana dikisahnya babad Pakuwon, pertempuran antara Ciung Wanara dan Arya Bangah," katanya.
Aroma mistis sungai Pemali, lanjutnya, juga muncul dalam legenda cerita rakyat Brebes, tempat ditemukannya kulit oleh seorang pemuda pelatik Bupati Brebes yang kemudian kini disebut dengan Jaka Poleng. Di samping itu, hydrologi culture yang berkembang itu kemudian juga membentuk pencitraan adanya tokoh-tokoh mahluk halus yang menjadi mitos sebagai penghuni sungai Pemali lainnya. "Benar atau tidaknya mitos angker tersebut belum pernah dibuktikan secara ilmiah. Namun di sisi lain, ekspresi budaya masyarakat juga susah untuk dihilangkan karena sudah turun temurun hingga menjadi khazanah tersendiri," paparnya.
Bagi kalangan agamawan, keberadaan mahluk gaib itu menjadi bagian rukun Iman. Selain manusia, di jagad ini juga ada mahluk lain yang kasat mata, yaitu malaikat dan Jin. Namun demikian, baik dan buruk serta keadaan ini atas kehendak Allah SWT sang pencipta mahluk. Maha Kuasa atas segala-galanya. Jika percaya pada selain Allah bisa jadi musyrik. Pun juga dengan mitos keramat Sungai Pemali, jangan sampai membuat terjerumus kepada kemusyrikan. Tuhan lah Sutradara utama diantara sutradara lain. (*,*)
Sejarah Brebes lainnya.......
Beberapa cerita rakyat tentang muncul/lahirnya beberapa nama desa-desa tertentu didalam wilayah Kabupaten Brebes memang ada. Misalnya nama desa Padasugih, Wangandalem,
Gandasuli, Pasarbatang, Kersana, Ketanggungan dan sebagainya. Namun itu semua hanya terlontar dari mulut ke mulut turun temurun. Tidak ada data pendukungnya untuk dijadikan bahan dalam penulisan sejarah lokal.Kalau saat ini sudah ada beberapa orang yang menyempatkan diri merekam cerita-cerita rakyat tersebut didalam bentuk tulisan, alhasil hanyalah merupakan rekaman belaka, yang tetapbelum menyandang bobot sebagai data penulisan sejarah. Sebuah kisah menarik mengenai lahirnya kota Brebes justru kita jumpai dalam Serat Kanda edisi Brandes. Menurut kisah ini, setelah kerajaan Majapahit berdiri dan Raden Susuruh dinobatkan menjadi raja dari kerajaan yang baru itu dengan nama Brawijaya yang terjadi tahun 1221 Saka (tahun 1299 Masehi) dengan candra sangkala Sela-Mungal-Katon-Tunggal, sri baginda raja Brawijaya juga mengangkat Wirun menjadi pepatih dengan nama julukan Adipati Wirun, Nambi menjadi Tumenggung, sedang Reksapura menjadi Wedana jero. Raja Brawijaya mengambil isterinya yang masih tertinggal di Galuh dan membantu saudaranya, Arya Bangah, dalam peperangannya melawan Ciyung Wanara. Namun dalam peperangan itu Arya Bangah terkalahkan, hinga melarikan diri ke Lebaksiu. Negeri Galuh terbakar, Arya Bangah diusir sampai Tugu, dimana pasukan-pasukan Majapahit telah datang untuk memberikan bantuan kepadanya. Arya Bangah mengirimkan orang-orang Timur mengeluarkan sepenuh keberanian mereka.
Selanjutnya mereka bergerak (baca: terdesak) kembali dari sebelah barat menuju arah lebih ke timur. Didekat sungai yang oleh karena peristiwa itu diserbu Pemali, mereka berperang lagi. Tempat medan peperangan itu mendapat nama Brebes. Ciyung Wanara mengundurkan diri ke negerinya. Arya Bangah pergi ke Majapahit, meninggalkan pasukan-pasukan yang berada dibawah pimpinan Reksapura. Raja Brawijaya mengangkatnya menjadi wedana (bupati) dengan tempat kedudukan di Tuban. Kumara kawin dengan anak perempuan Arya Bangah Citrawati. Atas nasihat Arya Bangah sendiri, Dandang Wiring dan anak Wirun, Wahas Atas nasihat anjuran Dandang Wiring, Kumara merebut tiga buah negeri jajahan Pajajaran. Setelah itu bergabung Reksapura, pergi sampai Sumedang. Dari tempat itu mereka pergi ke Galuh, Dandang Wiring menundukkan Dermayu (Indramayu). Wahas menundukkan Banyumas, Magelang, Prabalingga (Purbalingga) dan Caracap (Cilacap). Negeri Sokapura berhasil pula dikalahkan. Kumara berhasil merebut Bandung dan Sumedang. Ciyung Wanara menyerah. Ia memerdekakan Dipati Jayasudarga, mertua raja Brawijaya, dan mengirimkan utusan kepada Kumara. Sesuai dengan permintaannya, Ciyung Wanara diantarkan ke Majapahit. Demikian kerajaan Pajajaran akhirnya telah jatuh pada tahun 1223 Saka (1301 Masehi) dengan candra sengkala Guna-Kalih-Tinggal-Kaji,
Ciyung Wanara selanjutnya diangkat menjadi Bupati Agung diseluruh kawasan Jawa Barat sampai ke sungai Pemali. Dalam karya keagungannya The History of Jawa jilid II Rafles juga menyajikan sebuah kisah dengan inti pokok yang sama namun dengan sejumlah perbedaan. Kisah tersebut tidak menyinggung ikhwal lahirnya daerah Brebes. Dari segi telaah sejarah, inti pokok kisah itu sendiri memang tidak benar. Seperti telah dikemukakan Prof. Hosein Djajadiningrat dalam Sastrakantanya, kerajaan Majapahit berdiri mulai dari kwartal ketiga abad ke XIII sampai lebih kurang tahun 1518 sedang kerajaan Pajajaran mulai dari tahun 1433/1434 sampai ada kemungkinan tahun 1579. Dengan demikian, sungguh tidak mungkin jika dikatakan bahwa kerajaan Majapahit merupakan hasil pemisahan kerajaan Pajajaran. Sekalipun demikian, kita tidak bisa mengabaikan kemungkinan, bahwa Brebes telah lahir pada jaman Hindu. Dugaan ini bisa kita kemukakan berdasarkan kenyataan, bahwa didaerah Kabupaten Brebes banyak terjumpai barang-barang peninggalan dari jaman HIndu. Barang-barang tersebut ditemukan diberbagai kawasan diantaranya dikawasan Kawedanan Brebes. Dari kawasan ini pernah dijumpai sejumlah barang kuna yakni empat buah genta dari desa Slarang dan sebuah cincin emas dari desa Karangmangu. Cincin emas ini mempunyai pelat (permukaan rata) materai berbentuk bundar dihiasi dengan garis-garis lengkung yang nampaknya merupakan dua ekor ular dengan dua buah kepala. Cincin ini, yang ditemukan didalam tanah, sekarang disimpan di Museum Nasional Jakarta.
Sejarah Kab. Brebes
Kabupaten Brebes adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayahnya 1.657,73 km², jumlah penduduknya sekitar 1.732.719 jiwa (2010). Ibukotanya ada di Kecamatan Brebes. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk paling banyak di Jawa Tengah, dan paling luas di Jawa Tengah nomor ke-2 setelah Cilacap.
Nama Brebes muncul sejak zaman Mataram. Kota ini berderet dengan kota-kota tepi pantai lainnya seperti Pekalongan, Pemalang, dan Tegal. Brebes pada saat itu merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tegal.
Pada tanggal 17 Januari 1678 di Jepara diadakan pertemuan Adipati Kerajaan Mataram se Jawa Tengah, termasuk Arya Martalaya, Adipati Tegal dan Arya Martapura, Adipati Jepara. Karena tidak setuju dengan acara penandatanganan naskah kerjasama antara Amangkurat Admiral dengan Belanda terutama dalam menumpas pemberontakan Trunajaya dengan imbalan tanah-tanah milik Kerajaan Mataram, maka terjadi perang tanding antara kedua adipati tersebut. Peristiwa berdarah ini merupakan awal mula terjadinya Kabupaten Brebes dengan Bupati berwenang .Sehari setelah peristiwa berdarah tersebut yaitu tanggal 18 Januari 1678, Sri Amangkurat II yang berada di Jepara mengangkat beberapa Adipati/ Bupati sebagai pengagganti Adipati-adipati yang gugur. Untuk kabupaten Brebes di jadikan kabupaten mandiri dengan adipati Arya Suralaya yang merupakan adik dari Arya Martalaya. Pengangkatan Arya Suralaya sekaligus titimangsa pemecahan Kadipaten Tegal menjadi dua bagian yaitu Timur tetap di sebut Kadipaten Tegal dan bagian barat di sebut Kabupaten Brebes.
Geografi
Peta Administrasi Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes terletak di bagian Utara paling Barat Provinsi Jawa Tengah, di antara koordinat 108° 41'37,7" - 109° 11'28,92" Bujur Timur dan 6° 44'56'5" - 7° 20'51,48 Lintang Selatan dan berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Jawa Barat. Penduduk Kabupaten Brebes mayoritas menggunakan bahasa Jawa yang yang mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah lain, biasanya disebut dengan Bahasa Jawa Brebes. Namun terdapat Kenyataan pula bahwa sebagian penduduk Kabupaten Brebes juga bertutur dalam bahasa Sunda dan banyak nama tempat yang dinamai dengan bahasa Sunda menunjukan bahwa pada masa lalu wilayah ini adalah bagian dari wilayah Sunda. Daerah yang masyarakatnya sebagian besar menggunakan bahasa Sunda atau biasa disebut dengan Bahasa Sunda Brebes, adalah meliputi Kecamatan Salem,Banjarharjo,dan Bantarkawung, dan sebagian lagi ada di beberapa desa di Kecamatan Losari,Tanjung,Kersana,Ketanggungan dan Larangan.
Berdasarkan naskah kuno primer Bujangga Manik (yang menceriterakan perjalanan Prabu Bujangga Manik, seorang pendeta Hindu Sunda yang mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa dan Bali pada awal abad ke-16), yang saat ini disimpan pada Perpustakaan Boedlian, Oxford University, Inggris sejak tahun 1627, batas Kerajaan Sunda di sebelah timur adalah Ci Pamali (sekarang disebut sebagai Kali Brebes atau Kali Pemali yang melintasi pusat kota Brebes) dan Ci Serayu (yang saat ini disebut Kali Serayu) di Provinsi Jawa Tengah.
Ibukota kabupaten Brebes terletak di bagian timur laut wilayah kabupaten. Kota Brebes bersebelahan dengan Kota Tegal, sehingga kedua kota ini dapat dikatakan "menyatu".
Brebes merupakan kabupaten yang cukup luas di Provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Bagian barat daya merupakan dataran tinggi (dengan puncaknya Gunung Pojoktiga dan Gunung Kumbang), sedangkan bagian tenggara terdapat pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Slamet.
Dengan iklim tropis, curah hujan rata-rata 18,94 mm per bulan. Kondisi itu menjadikan kawasan tesebut sangat potensial untuk pengembangan produk pertanian seperti tanaman padi, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan sebagainya.
Karakteristik Wilayah Pantai
Pantai - pantai di Kabupaten Brebes merupakan tempat bermuaranya sungai besar dan kecil, yang menyebabkan daerah pantainya makin bertambah ke arah laut (prograding).Pantai di Brebes dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis pantai, yaitu: pantai delta ( Delta Losari dan Pemali), pantai teluk ( Teluk Bangsri ) dan pantai lurus ( Randusanga ). Berdasarkan tingkat perkembangan atau penambahan daerah pantainya, pantai delta mengalami perubahan paling dinamis, diikuti oleh pantai teluk kemudian oleh pantai lurus.
Pembagian zonasi pantai terdiri dari bagian barat mulai dari Losari ( Prapag Kidul dan Prapag Lor ), Teluk Bangsri sampai dengan sekitar muara sungai Nippon (Desa Sawojajar dan Kaliwlingi) baik untuk pengembangan konservasi tanaman bakau ( mangrove ) yang dapat berfungsi untuk pemulihan daya dukung lingkungan, sedangkan wilayah pantai bagian timur mulai sebelah timur sungai kamal sampai dengan Pantai Randusanga Kulon sangat baik untuk dikembangkan menjadi Kawasan Pelabuhan Antarpulau maupun Kawasan Pariwisata Pantai.
Perairan daerah pantai bagian barat relatif dangkal, untuk mencapai kedalaman laut 5 meter berjarak lebih kurang 2.25 km dari garis pantai, sedang di perairan bagian timur, kedalaman laut 5 meter, berjarak lebih kurang 1,4 km. Makin kearah lepas pantai kedalaman laut berubah secara gradual ( morfologi dasar lautnya landai ) dengan pola garis kontur tidak lagi mengikuti bentuk garis pantainya.
Wilayah pesisir pantai Kabupaten Brebes yang mempunyai panjang pantai ± 72,93 KM yang meliputi 14 desa di 5 kecamatan memiliki potensi yang tak ternilai bagi masyarakat. Perairan pantai tidak saja menjadi sumber pangan yang produktif, tetapi juga sebagai gudang mineral, alur pelayaran, tempat rekreasi dan juga sebagai tangki pencerna bahan buangan hasil kegiatan manusia. Besarnya sumber alam yang terkandung di dalamnya, hayati maupun non hayati serta aneka kegunaan yang bersifat ganda merupakan bukti yang tidak dapat disangkal, bahkan menjadi tumpuan harapan manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat di masa mendatang.
Nama-nama sungai
Sebagai daerah yang mempunyai wilayah cukup luas yang terdiri dari pegunungan dan wilayah pantai, terdapat sungai-sungai yang mempunyai arus cukup deras terutama saat musim hujan. Aliran sungai yang melintas pada umumnya membentang dari arah dataran tinggi di wilayah selatan (daerah hulu), ke dataran rendah di wilayah utara ( daerah hilir ) menuju ke Laut Jawa yaitu :
Sungai Kaligangsa
Sungai Pemali
Sungai Balaikambang
Sungai Luwungmalang
Sungai Bangsri
Sungai Pakijangan
Sungai Kluwut
Sungai Babakan
Sungai Buntiris
Sungai Kebuyutan
Sungai Sinung
Sungai Tanjung
Sungai Bancang
Sungai Cisanggarung
Sungai Cikeruh
Sungai Erang
Sungai Pedes
Sungai Ciegelagah
Sungai Cigunung
Sungai Cilakart
Sungai Ciraja
Sungai Rambatan
Pembagian Wilayah Administratif
Secara administratif Kabupaten Brebes terbagi dalam 17 kecamatan, yang terdiri atas 292 desa dan 5 kelurahan.
Dalam Pola Perwilayahan Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Brebes termasuk Wilayah Pembangunan II dengan pusat di Tegal. Kabupaten Brebes sendiri dalam perwilayahan pembangunan dibagi menjadi 3 Sub Wilayah Pembangunan (SWP) yaitu:
SWP Ia, dengan pusat di Brebes, meliputi Kecamatan Brebes, Wanasari, Jatibarang dan Songgom. Sektor yang dapat dikembangkan adalah pertanian, khususnya sub sektor perikanan, sector perdagangan/ jasa dan sektor pemerintahan.
SWP Ib, dengan pusat di Tanjung, meliputi Kecamatan Tanjung, Losari dan Bulakamba. Sektor yang dapat dikembangkan adalah sector perdagangan dan pertanian.
SWP II, dengan pusat di Ketanggungan meliputi Kecamatan Ketanggungan, Banjarharjo, Larangan dan Kersana. Sektor yang dapat dikembangkan di wilayah ini adalah sektor pertanian khususnya sub sektor tanaman pangan antara lain meliputi sayur mayur, bawang merah dan lombok serta sektor pemerintahan.
SWP III, dengan pusat di kota Bumiayu meliputi Kecamatan Bumiayu, Tonjong, Sirampog, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem. Sektor yang dikembangkan adalah sektor pertanian, industri kecil, pariwisata dan perdagangan.
Kecamatan-kecamatan yang terdapat di Kabupaten Brebes, yaitu:
Banjarharjo
Bantarkawung
Brebes
Bulakamba
Bumiayu
Jatibarang
Kersana
Ketanggungan
Larangan
Losari
Paguyangan
Salem
Sirampog
Songgom
Tanjung
Tonjong
Wanasari
Perekonomian
Pertanian dan perkebunan
Bawang merah bagi Kabupaten Brebes merupakan trade mark mengingat posisinya sebagai penghasil terbesar komoditi tersebut di tataran nasional. Pusat bawang merah tersebar di 11 kecamatan (dari 17 kecamatan) dengan luas panen per tahun 20.000 - 25.000 hektar.
sentra bawang merah tersebar di Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tonjong, Losari, Kersana, Ketanggungan, Larangan, Songgom, Jatibarang, dan sebagian Banjarharjo.
Sektor pertanian merupakan sektor yang dominan di Brebes. Dari sekitar 1,7 juta penduduk Brebes, sekitar 70 persen bekerja pada sektor pertanian. Sektor ini menyumbang 53 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Brebes, yang 50 persen dari pertanian bawang merah. Budidaya bawang merah diperkirakan mulai berkembang di Brebes sekitar tahun 1950, diperkenalkan warga keturunan Tionghoa yang tinggal di Brebes. Hingga kini budidaya bawang merah menjadi napas kehidupan masyarakat.
Berbagai varietas bawang unggulan juga dihasilkan dari Brebes, antara lain varietas Bima Brebes yang berwarna merah menyala, rasa lebih pedas, dan lebih keras dibandingkan bawang dari luar daerah atau luar negeri. Saat ini, sekitar 23 persen pasokan bawang merah nasional berasal dari Brebes. Sementara untuk wilayah Jawa Tengah, Brebes memasok sekitar 75 persen kebutuhan bawang merah.
Di sektor pertanian sebagai sektor dominan, Kabupaten Brebes tidak hanya menghasilkan bawang merah, namun terdapat komoditas lain. Berbagai komoditas lain yang memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan bagi para investor baik yang berasal dari dalam maupun dari luar Kabupaten Brebes antara lain: kentang granula, cabe merah dan pisang raja, bawang daun dan kubis. Tanaman perkebunan yang berkembang antara lain : nilam, tebu, teh, cengkeh, kapas, kapulaga, mlinjo dan kopi jenis robusta. Produk buah - buahan yang cukup signifikan antara lain ; mangga, semangka dan rambutan.
Peternakan
Di luar sektor pertanian dan perkebunan, Kabupaten Brebes juga mempunyai potensi hijauan makanan ternak yang melimpah dan tersebar hampir di setiap kecamatan. Kondisi itu menjadikan kabupaten ini berkembang berbagai usaha peternakan baik jenis ternak besar maupun kecil antara lain; ternak sapi (jenis lokal sapi jabres), kerbau, domba, kelinci rex, ayam petelur, ayam kampung, ayam potong dan itik. Telur hasil ternak itik diolah oleh masyarakat setempat menjadi produk telur asin yang popularitas atas kualitasnya sangat dikenal dan tidak diragukan. Banyak yang menyebut Brebes adalah Kota Telur Asin.
Kehutanan
Di sektor kehutanan yang tersebar diwilayah bagian selatan, komoditas yang menjadi unggulan yaitu jati, pinus, mahoni dan sonokeling yang produksinya cukup mengalami peningkatan.
Pertambangan dan bahan galian
Kabupaten Brebes memiliki beberapa potensi sumber daya mineral yang potensial untuk dieksploitasi, meliputi batu kapur, trass, batu splite, dan batu bata, serta potensi sumber minyak bumi dan panas bumi.
Cadangan batu bara muda
Di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, ditemukan potensi cadangan batu bara muda di desa Bentarsari sebanyak 24,24 juta ton dengan kandungan minyak mencapai 5,30 liter per ton berdasarkan temuan Kementerian ESDM di tahun 2008. Kandungan batu bara muda ini baru dapat dimanfaatkan sekitara 50 sampai 100 tahun ke depan karena menunggu proses pelapukan dan pengkristalan
Perikanan
Sebagai salah satu daerah yang terletak dalam wilayah pantai utara Pulau Jawa, Kabupaten Brebes mempunyai 5 wilayah kecamatan yang cocok untuk mengembangkan produksi perikanan yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Hasil produksi perikanan yang menonjol meliputi; bandeng, udang windu, kepiting, rajungan, teri nasi, mujair dan berbagai jenis ikan laut yang lain. Hasil produk perikanan ini oleh masyarakat setempat telah dikembangkan usaha pembuatan Bandeng Presto Duri Lunak dan Terasi.
Industri
Sektor industri merupakan salah satu sektor penting dalam membantu laju perekonomian, oleh sebab itu keberadaan industri sebagai salah satu pilar perekonomian di Kabupaten Brebes telah memberi pengaruh dalam perekonomian daerah, meskipun secara demografi mata pencaharian sebagaian besar penduduk adalah sebagai petani.Kegiatan Industri di Kabupaten Brebes dibagi menjadi beberapa kelompok dan cabang yaitu kelompok industri formal cabang agro, kelompok indutri formal cabang tekstil dan kelompok indutri formal cabang logam, mesin dan elektronik.Industri yang ada di Kabupaten Brebes meliputi industri besar, industri sedang, industri kecil dan industri rumah tangga.
Kelompok industri besar merupakan industri formal agro (pabrik teh, pabrik jamur, pabrik gula dan gondorukem).Kelompok industri kecil yang ada di Kabupaten Brebes meliputi industri kecil formal dan non formal. Kelompok industri kecil formal terdiri dari cabang industri agro; elektronika dan aneka; mesin, logam, dan perekayasaan. Sedangkan kelompok industri non formal meliputi industri kimia, agro dan hasil hutan serta elektronika dan aneka.
Kelompok industri kecil yang ada di Kabupaten Brebes meliputi industri kecil formal dan non formal. Kelompok industri kecil formal terdiri dari cabang industri agro; elektronika dan aneka; mesin, logam, dan perekayasaan. Sedangkan kelompok industri non formal meliputi industri kimia, agro dan hasil hutan serta elektronika dan aneka.
Sektor industri yang potensial untuk dikembangkan adalah industri garam iodium diwilayah Kecamtan Wanasari dan Bulakamba, Industri garam curah dengan sentra produksi di wilayah kecamatan Losari, Tanjung, Wanasari dan Brebes, dan industri pengolahan bawang merah
Sarana kesehatan
Disamping adanya pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di seluruh ibukota kecamatan dan di beberapa desa, terdapat pula rumah sakit - rumah sakit baik yang dikelola pemerintah maupun swasta yaitu :
RSUD Brebes, Jl. Jend. Sudirman No. 80
RSU Bumiayu, Jl. KH. Ahmad Dahlan, Bumiayu
RSI Siti Asiyah. Jl. Raya Bumiayu
RS Muhammadiyah "Siti Aminah".Jl. P. Diponegoro, Jatisawit, Bumiayu
RS Bhakti Asih, Jl. P. Diponegoro Km.2 No 125 Pesantunan
RS Dedy Jaya, Jl. A. Yani kota Brebes
RSIA Mutiara Bunda, Jl. Raya Tanjung
RSIA Amal Bakti Desa Teriangun Brebes
RS Dera As-Syifa An-Nahdliyah, Jl. Merdeka No. 191 Banjarharjo
RS Hj. Mahmudah, Jl. Raya Sitanggal, Larangan, Brebes
Pariwisata
Waduk Malahayu
Waduk Penjalin
Mata Air Sungai Pemali
Pantai Randusanga
Pemandian Air Panas Cipanas Bantarkawung
Pemandian Air Panas Cipanas Kedungoleng
Cagar Alam Telaga Ranjeng
Mata Air Cibentar, Bentarsari, Salem
Air Terjun Waru Doyong
Mata Air Dua Suhu
Ciblon Waterboom Brebes
Agrowisata Kaligua
Agrowisata Sepoor Teboe PG Jatibarang
Kebun Durian Antap Sari di desa Rajawetan, Tonjong
Wisata Kuliner dan Makanan Khas
Telur asin asli khas Brebes yang banyak di jual di kios-kios sebelah barat jembatan Kali Pemali
Sate kambing muda khas Brebes dengan bumbu kecap, bawang dan cabe rawit, yang tersebar disejumlah tempat seperti di pertigaan Tanjung, Kota Brebes, Ketanggungan dan Jatibarang dan tempat lainnya.
Rujak Belut Mak Ribut di desa Cigedong
Kupat Blengong dan Sate Blengong, merupakan sate yang terbuat dari daging blengong (sejenis itik) yang biasanya dimakan dengan ketupat, banyak terdapat di warung sekitar alun-alun kota Brebes
Pusat penjualan telur asin asli Brebes dan oleh - oleh khas Brebes lainnya di sepanjang Jl. Jend. Sudirman Ketanggungan
Bandeng Presto Duri Lunak khas Brebes yang banyak diproduksi oleh warga di sekitar Limbangan kota Brebes
Nasi lengko, menu sarapan pagi yang terdiri dari nasi, Ketimun, tahu, tauge, emping, sambal kacang dan kecap.
Tape ketan daun jambu, terbuat dari beras ketan (biasanya berwarna hijau) dan dikemas dengan menggunakan daun jambu, sehingga menambah aroma dan rasa.
Teh Poci Wasgitel, yaitu minuman teh yang wangi, sepet, legi dan kentel, merupakan minuman khas Kabupaten Brebes dan Tegal yang penyajiannya menggunakan poci dan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Dihidangkan dalam keadaan panas dengan pemanis berupa gula batu.
Kerupuk rambak yang diprodukis di wilayah Bumiayu, Brebes yang terbuat dari kulit kerbau.
Kerupuk rambak (terbuat dari kulit lembu), di daerah Bumiayu
Bakso Dengkil, Kersana
Seni dan Budaya
Kesenian daerah yang berkembang antara lain :
Seni Burok / Burokan
Sintren
Dogdog Kaliwon
Kuntulan
Calung yang berkembang di sekitar kecamatan Bantarkawung
Barongan
Wayang Golek
Tari Topeng Brebes
Tari Topeng Sinok
Reog Banjarharjo
Rupa-rupa
Batik Salem
Kerajinan keramik hias di desa Malahayu yang memiliki bentuk artistik sehingga tidak kalah dengan keramik hias asal Cina
Kerajinan sanggul asal Kelurahan Limbangan Wetan
Kerajinan Rebana asal desa Kaliwadas yang telah banyak dipasarkan ke dalam negeri maupun tujuan ekspor ke luar negeri
Industri kecil / rakyat pembuatan tambang untuk kapal di Kubangwungu

Bupati yang Pernah Menjabat
1. Arya Suralaya 1678 – 1683
2. Pusponegoro I
3. Pusponegoro II 1683 – 1809
4. Pusponegoro III
5. Singasari Panatayuda I 1809 – 1836
6. Singasari Panatayuda II 1836 – 1856
7. Singasari Panatayuda III
8. Cakra Atmaja 1876 – 1880
9. Cakranegara I 1880 – 1885
10. Sumitra (Cakranegara II) 1885 -
11. Martana 1907 – 1929
12. Sajikun 1929 (8 Bulan)
13. Ariya Purnama Hadiningrat 1920-1929
14. Sutirta Pringga Haditirta 1936 – 1942
15. Sunarya 1942 – 1945
16. Sarimin Reksadiharja 1946
17. Syatori 1946 – 1947
18. Awal 1947
19. Agus Miftah 1947 – 1948
20. Sumarna 1948 – 1950
21. Mas Slamet 1950 – 1956
22. Mardjaban 1956 – 1966
23. Sartono Gondosoewandito, SH 1967 – 1979
24. Syafrul Supardi 1979 – 1989
25. Hardono 1989 – 1994
26. Syamsudin Sagiman 1994 – 1999
27. Moh. Tadjudin Nuraly 1999 – 2001
28. Tri Harjono (PLTH) 2001 – 2002
29. Indra Kusuma 2002 – s.d. Agustus 2010
30. Agung Widiyantoro 10 Mei 2011 s.d. sekarang

7 comments:

  1. Min sya lagi mencari info ttg sutalila yg sekarang di jadikan nama jalan d brebes. Sya keturunan ke 8 dri beliau. Bsa sharing info ga mengenai beliau. Sya tgl d indramayu jawabarat

    ReplyDelete
    Replies
    1. .sekedar mampir membaca,...apakah ada jln di Brebes yg bernama sutalila,baru denger ??? Kalo suta ,mungkinkah yg di maksud mpu suta ,tokoh pembuat keris yg konon di makamkan di kota Kaligangsa Brebes,beliau konon satu2nya empu perkerisan dr Brebes..

      Delete
  2. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 21 Maret 2020 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Hingga Ratusan Juta Rupiah !!!

    ReplyDelete
  3. Gabung Bersama kami di Betpulsa,net
    Situs Paling Terpercaya Betpulsa
    Menangkan Bonus Jutaan Rupiah Setiap Harinya
    Jaminan Kemenangan Bergaransi

    Games Yang Tersedia Antara Lain :
    * SPORTSBOOK
    * POKER
    * LIVE CASINO
    * IDN LIVE
    * BLACK JACK
    * SLOT ONLINE
    * SABUNG AYAM S128

    Promo di Betpulsa :
    * Min Depo 25 K
    * Min WD - 50 K
    * Bonus New Member 15%
    * Next Deposit 10%
    * Bonus Harian 5%
    Dan Masih Banyak Bonus Lainnya
    * Deposit Via Pulsa Tanpa Potongan Rate 100%
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Proses Deposit & Withdraw Tercepat
    * Livechat 24 Jam Online
    * Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi CS Kami

    ## Contact_us ##
    WHATSAPP : 0822 7636 3934

    ReplyDelete
  4. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    ReplyDelete
  5. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    ReplyDelete