34 Pakaian Adat Indonesia (Sumatra) - SEJARAH, CERITA, LEGENDA & MITOS

Thursday 4 January 2018

34 Pakaian Adat Indonesia (Sumatra)

Indonesia adalah negeri yang kaya. Bukan hanya dari limpahan sumber daya alamnya yang luar biasa, Indonesia dikatakan kaya melainkan juga karena warisan budaya dari suku-suku yang menjadi penghuninya. Budaya Indonesia adalah budaya yang tersusun atas lebih dari 1.340 suku bangsa yang saling berbeda tapi tetap satu jua. Salah satu bentuk nyata budaya Indonesia dapat kita temukan dari beragam pakaian adat dari beberapa suku yang mewakili provinsi-provinsi yang ada. Pada artikel ini akan dibahas pakaian-pakaian adat Indonesia tersebut secara lengkap dari sabang sampai merauke beserta nama, gambar, dan penjelasannya

1. Pakaian Adat Aceh 

Pakaian adat Aceh bernama pakaian Ulee Balang. Pakaian ini untuk pria disebut baju Linto Baro, sedangkan pakaian untuk wanita disebut baju Daro Baro

Dahulunya, pakaian ini hanya digunakan oleh para sultan dan pembesar kerajaan, namun sekarang keduanya lebih sering dipakai oleh para pengantin. Kedua pakaian tersebut punya keunikan tersendiri sebagai ciri khas di setiap bagian-bagiannya. Anda dapat melihat keunikan bagian-bagian tersebut pada gambar di samping. 












2. Pakaian Adat Sumatera Utara 
Sumatera Utara memiliki penduduk yang heterogen. Beragam suku bangsa seperti suku Nias, suku Melayu, dan suku Bataktinggal di provinsi ini. Kendati begitu, suku paling mendominasi dan menjadi mayoritas adalah suku Batak. Suku Batak sendiri memiliki pakaian adat yang bernama kain ulos

Secara umum, kain ulos inilah yang menjadi identitas dan ciri utama pakaian adat Sumatera Utara di kancah nasional. Berikut adalah gambar dari sepasang muda mudi yang tengah memakai kain ulos









3. Pakaian Adat Riau
Ada 4 jenis pakaian adat dalam kebudayaan masyarakat Melayu Riau. Masing-masing pakaian digunakan untuk keperluan yang berbeda-beda. Namun, secara umum pakaian adat yang menjadi identitas provinsi ini di kancah Nasional adalah sebuah busana yang bernama pakaian adat Melayu Riau. Gambar di samping adalah gambar sepasang pengantin yang mengenakan pakaian adat Melayu. 














4. Pakaian Adat Sumatera Barat 
Kisah Malin Kundang yang berasal dari cerita turun temurun nenek moyang suku Minangkabau sedikit banyak telah mempengaruhi berbagai aspek budaya di tanah Sumatera Barat. Salah satu yang paling kentara adalah dijunjung tingginya peran seorang ibu dalam adat istiadat mereka. 

Nah, hal tersebut bisa dilihat pula dalam ragam pakaian adat Sumatera Barat yang bernama pakaian adat Bundo Kanduang. Semua segi dan aksesoris pakaian ini memiliki nilai filosofis yang berhubungan dengan peran seorang ibu dalam keluarga dan strata sosial. Di samping adalah gambar seorang wanita yang menggunakan pakaian adat Bundo Kanduang.









5. Pakaian Adat Kepulauan Riau
Letak provinsi Kepulauan Riau yang begitu strategis dalam jalur pelayaran masa silam telah membuat budaya masyarakat provinsi ini menjadi sangat khas. Proses akulturasi budaya melayu sebagai penduduk lokal dengan budaya para pendatang.

Seperti budaya China, Arab, dan Eropa menghasilkan bentuk budaya unik yang salah satu bentuknya bisa kita temukan pada pakaian adat Kepulauan Riau saat ini yaitu pakaian adat kebaya labuh dan teluk belanga. Gambar di samping adalah gambar sepasang pengantin yang mengenakan pakaian adat tersebut. 









6. Pakaian Adat Bangka Belitung 
Pakaian adat dari Bangka Belitung namanya adalah baju seting dan kain cual. Pakaian ini diduga adalah pakaian yang dipengaruhi akulturasi budaya masyarakat Arab, China, dan Melayu pada masa silam. Seperti diketahui, wilayah sekitar Bangka Belitung dulunya memang adalah wilayah yang sering dikunjungi oleh bangsa-bangsa di seluruh dunia saat melakukan perjalanan laut (pelayaran) dan perdagangan. Gambar di samping adalah sepasang pengantin Bangka yang tengah mengenakan pakaian adat leluhurnya. 












7. Pakaian Adat Jambi
 Pakaian adat Jambi sangat beragam jenisnya. Namun, yang resmi menjadi identitas provinsi ini di kancah nasional adalah sepasang pakaian pengantin adat yang bernama pakaian adat Melayu Jambi. Gambar di samping merupakan gambar pengantin adat Jambi yang tengah mengenakan pakaian adat tersebut. 














8. Pakaian Adat Bengkulu 
Suku asli masyarakat Bengkulu seperti suku Serawai, Rejang, Lembak, dan Pekal sebenarnya merupakan bagian dari sub suku Melayu. Oleh sebab itu, adat dan budaya dari suku-suku tersebut juga memiliki sumber yang sama, yaitu budaya Melayu. 

Kendati begitu, budaya Melayu Bengkulu memiliki perbedaan dengan budaya Melayu pada umumnya. Perbedaan ini tercipta karena adanya kekhasan alam sekitar yang menyebabkan akulturasi budaya. Salah satu bentuk akulturasi tersebut dapat kita lihat dari pakaian adat Melayu Bengkulu seperti terlihat pada gambar di samping. 








9. Pakaian Adat Sumatera Selatan 

Ada 2 jenis gaya busana pakaian adat Palembang yang cukup dikenal di kancah nasional. Keduanya yaitu Aesan Geda dan Aesan Pasangko. Aesan gede adalah pakaian yang menunjukan keagungan, sementara Aesan paksangko adalah pakaian yang menunjukan keanggunan

Di masa silam, kedua pakaian tersebut hanya digunakan oleh raja dan para pembesar kerajaan. Namun sekarang lebih umum digunakan oleh sepasang pengantin Palembang dalam upacara pernikahannya. 










10. Pakaian Adat Lampung
 Sebetulnya, tidak ada nama khusus untuk pakaian adat Lampung. Akan tetapi, berbagai pernik kain yang digunakan pada pakaian tersebut umumnya dibuat dari bahan kain tapis

Kais tapis adalah kain tenun tradisional khas Lampung yang menonjolkan warna emas sebagai warna utamanya disertai dengan motif-motif geometris. Gambar di samping adalah sepasang pengantin adat Lampung yang sedang mengenakan pakaian adat.  













sumber http://adat-tradisional.blogspot.com


pakaian adat / nama nama pakaian adat di indonesia / nama pakaian adat / nama baju adat jawa barat / nama / pakaian adat jawa timur / pakaian adat lampung / pakaian adat nusa tenggara barat / nama pakaian adat sumatera barat / baju daerah betawi / nama nama pakaian adat / baju adat indonesia / pakaian adat bangka belitung / pakaian adat yogyakarta / nama pakaian adat bali / baju adat ntt / pakaian adat di indonesia / nama pakaian adat jawa barat / baju adat jawa timur / nama pakaian adat maluku / baju adat sumatera barat / nama pakaian adat papua / baju adat jawa barat / baju adat padang / nama pakaian adat bali adalah / baju adat aceh / baju adat betawi / baju adat bali / baju adat jawa / baju betawi / baju adat sunda / baju adat jawa tengah / baju adat lampung

No comments:

Post a Comment